Kamis, 27 Februari 2014

bahaya merokok

MAKALAH BIOLOGI
ROKOK

KELOMPOK 6
Nama Kelompok :
1.                  Amelia Setyaningtyas   (06)
2.                  Bagas Prakoso            (12)
3.                  Fitri Handayani           (18)
4.                  Inara Putri P.              (24)
5.                  Nita Puspita A.           (31)
6.                  Stefani Dana V.          (37)

SMAN 20 SURABAYA
TAHUN AJARAN 2013/2014

read more
A.     Pengertian Rokok
Rokok adalah silinder panjang yang berisi tembakau dan dibungkus oleh kertas.Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara, lalu diisap oleh perokok. Rokok biasanya dijual dalam bentuk kemasan yang mudah disimpan dalam celana agar mudah dibawa kemana-mana. Belakangan ini, kemasan rokok sudah diberi keterangan bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, jantung dan masih banyak lainnya.  Walaupun kelihatannya itu hanya merupakan hiasan semata.
B.     Asal mula Rokok
Rokok dalam bahasa Inggrisnya adalah cigarette. Terbuat dari tembakau (tobacco). Kita juga mengenal rokok kretek, adalah rokok dengan aroma cengkeh, karena mempunyai campuran cengkeh.Juga ada jenis rokok putih, yaitu rokok tanpa cengkeh. Kata tembakau berasal dari kata Tobago (bahasa Indian), yang artinya memutar daun tembakau untuk keperluan ritual dan pengobatan. Jadi sebenarnya, rokok pada bangsa Indian hanya digunakan untuk ritual dan pada praktek-praktek pengobatan, bukan untuk dihisap untuk kesenangan.
Sebenarnya kebiasan merokok yang menjamur di Indonesia bukan produk asli Indonesia dan bukan kebiasaan dari nenek moyang Indonesia. Diyakini bahwa yang menemukan rokok pertama kali adalah bangsa Indian di Amerika. Rokok ini digunakan untuk ritual. Salah satu tempat yang diyakini sebagai asal muasal rokok (tembakau) adalah daerah Yukatan di Meksiko, juga bukti sejarah, bangsa Maya di Amerika Tengah menggunakan tembakau ini. Pada abad ke-16, bangsa Eropa memasuki Amerika sebagai penakluk. Dari sinilah, mereka mengenal rokok dan tembakaunya.Mereka mencoba-coba menggunakannya hingga menyebarluaskannya. Pada abad ke-17, pedagang-pedagang Spanyol masuk ke Turki dan menyebarluaskan kebiasaan merokok ini pada bangsa-bangsa muslim.  Karena rokok sudah tersebar di Eropa, sehingga bangsa bangsa penjajah membawa rokok masuk ke daerah jajahannya. Sejak saat itu Belanda mulai mengkomersialkan rokok kepada masyrakat Indonesia.
C.     Jenis-jenis Rokok
Roko dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini berdasarkan atas :
a.       Bahan Pembungkus Rokok
·         Klobot       : bahan pembungkus berupa daun jagung
·         Kawung     : bahan pembungkus berupa daun aren
·         Sigaret       : bahan pembungkus berupa kertas
·         Cerutu       : bahan pembungkus berupa daun tembakau
b.      Bahan Baku (isi rokok)
·         Rokok Putih          : isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
·         Rokok Kretek        : isinya hanya daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
·         Rokok Klembak    : isinya hanya daun tembakau, cengkeh dan menyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
c.       Proses Pembuatan Rokok
·         SIgaret Kretek Tangan (SKT)       : dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan atau alat bantu sederhana.
·         Sigaret Kretek Mesin (SKM)         : dengan menggunakan mesin.
d.      Penggunaan Filter
·         Rokok Filter (RF)              : rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus.
·         Rokok Non Filter (RNF)   : rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.
e.       Dilihat dari komposisinya 
·         Bidis: Tembakau yang digulung dengan daun temburni kering dan diikat dengan benang.Tar dan karbon monoksidanya lebih tinggi daripada rokok buatan pabrik. Biasaditemukan di Asia Tenggara dan India.
·         Cigar: Dari fermentasi tembakau yang diasapi, digulung dengan daun tembakau. Adaberbagai jenis yang berbeda di tiap negara. Yang terkenal dari Havana, Kuba.
·         Kretek: Campuran tembakau dengan cengkeh atau aroma cengkeh berefek mati rasa dan sakit saluran pernapasan. Jenis ini paling berkembang dan banyak di Indonesia.
·         Tembakau langsung ke mulut atau tembakau kunyah juga biasa digunakan di AsiaTenggara dan India. Bahkan 56 persen perempuan India menggunakan jenis kunyah. Adalagi jenis yang diletakkan antara pipi dan gusi, dan tembakau kering yang diisap denganhidung atau mulut.
·         Shisha atau hubbly bubbly: Jenis tembakau dari buah-buahan atau rasa buah-buahanyang disedot dengan pipa dari tabung. Biasanya digunakan di Afrika Utara, TimurTengah, dan beberapa tempat di Asia. Di Indonesia, shisha sedang menjamur seperti dikafe-kafe.

D.    Merek Rokok yang Terkenal
1.      Di dunia
1. Marlboro
Marlboro tidak diragukan lagi tembakau terlaris produk di seluruh dunia. Selain itu, merek ini telah mengokohkan posisi terdepan, dan itu sangat tidak mungkin merek lain bisa menyalip sebagai nomor satu di waktu terdekat. Marlboro adalah merek favorit banyak selebriti Hollywood seperti Drew Barrymore, Robert Pattinson dan lain-lain. Dalam toko online Marlboro biasanya ditawarkan dalam tiga versi klasik: Marlboro Merah, Marlboro Emas dan Perak Marlboro ditambah berbagai ultra ramping baru – Marlboro Reserve

2. Winston
Pada tahun 2009 Winston mendapat tempat kedua karena pengenalan beberapa varietas baru seperti Winston Superslims Blue dan berbagai macam rokok Winston dapat sesuai dengan tuntutan bahkan perokok yang paling cerewet, karena merek ini ditandai dengan kualitas hebat, rasa cantik dan harga yang indah.Dan fitur yang terakhir menggambarkan keberhasilan Winston CIGS telah menikmati lebih dari 50 tahun.Winston menjual dalam tujuh varietas di toko-toko internet.
3. Camel
Camel dianggap menjadi legenda benar dalam industri tembakau.Awalnya diproduksi pada tahun 1912 ini terdiri lebih dari selusin jenis tembakau Turki berbeda dan Virginia.Dan ini pencampuran tembakau unik ini masih digunakan dan dapat ditemukan dalam rasa penuh Camel Flavor. Rasa sedikit Oriental megah rokok Camel telah ditangkap hati dan pikiran perokok yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia, yang hampir semua lebih memilih tiga varietas klasik: Camel Full Flavor, Camel Camel Blue dan Silver.
4. Parliament
 Parlemen dianggap menjadi aristokrat industri tembakau.Rasa mewah Eksklusif, kualitas premium dan harga yang lumayan adalah karakteristik khas dari setiap rokok Parlemen. Meskipun Parlemen adalah salah satu rokok yang paling mahal, banyak perokok lebih memilih merek ini, apa yang dibuktikan dengan tempat keempat telah mencapai dalam daftar, melampaui banyak merek yang harganya kuran
5. Pall Mall
Pall Mall adalah pendatang baru.Merek ini telah menggantikan merek populer seperti seperti Lucky Strike dan Monte Carlo, tak lama setelah produsen Reynolds Amerika kembali ke kehidupan dan ekstensif dipromosikan itu.Berbagai macam rokok Pall Mall yang agak lebar dan biasanya terdiri dari 8 variasi yang berbeda.
6. Classic
Jumlah konsumen paling mengejutkan daftar pendek tahun ini adalah Classic yang telah memikat banyak perokok dewasa di seluruh Amerika terutama karena harga murah dan kualitas bagus.Walaupun merek ini tidak dijual di toko-toko domestik di AS, berita tentang merek Classic telah menyebar dengan cepat.Jadi, perokok beralih ke toko-toko online untuk mendapatkan rokok ini.
7. Red & White
Red & White adalah produk dari Philip Morris International. Perusahaan tersebut merasa perlu untuk membuat rokok dengan biaya rendah yang akan menawarkan kualitas yang benar-benar menyenangkan dan berbagai macam varietas yang berbeda dalam kekuatan dan ukuran.


8. L&M
Merek rokok L & M adalah produk utama dari Philip Morris Co. Produk ini dibedakan dengan kualitas luar biasa yang merupakan fitur penting yang khas untuk semua produk yang diproduksi oleh perusahaan ini. L & M biasanya ditawarkan dalam tujuh variasi.
9. Hilton
Rokok ini diproduksi oleh British American Tobacco dan dijual dalam dua varian mulai dari kekuatan dan jumlah nikotin dan tar. Hilton Gold dan Platinum Hilton membenarkan nama mereka sebagai rokok yang benar-benar berstandar emas denga kualitas dengan harga yang terjangkau.
10. Doina
Rokok Doina adalah karya yang dibuat oleh perusahaan rokok Moldavia, TUTUN-CTC.Walaupun merek ini pada awalnya tidak diketahui perokok AS, tetapi sangat populer di Eropa Timur karena kualitas rokok Doina layak mendapat pujian besar.Jadi, perokok yang sangat ingin mencoba merek baru rokok ini sangat dihargai, dan banyak dari mereka tetap loyal terhadap merek Doina.

2.      Di Indonesia
a.       Sampoerna A-Mild Sampoerna adalah salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia. Sampoerna telah memproduksi rokok kretek dengan kadar rendah tar dan nikotin yang pertama di Indonesia, yaitu Sampoerna A-Mild
b.      Djarum Super Rokok ini merupakan brand rokok yg sering mensponsori acara-acara olahraga, seperti liga djarum.
c.       Dji Sam Soe Dji Sam Soe merupakan sebuah merek dagang rokok kretek diproduksi oleh PT. HM Sampoerna Tbk..Dji Sam Soe adalah sebuah karya dari putera Indonesia kelahiran Fujian, Tiongkok bernama Liem Seeng Tee yang diciptakan pada tahun 1913 di Surabaya.rokok ini sering menemani para pekerja berat.
d.      Gudang Garam Rokok ini terkenal dengan iklannya yang fenomenal, contohnya PRIA PUNYA SELERA.PT Gudang Garam didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Tjoa Ing Hwie. Di saat berumur sekitar dua puluh tahun, Ing Hwie mendapat tawaran bekerja dari pamannya di pabrik rokok Cap 93 yang merupakan salah satu pabrik rokok terkenal di Jawa Timur pada waktu itu. Berkat kerja keras dan kerajinannya dia mendapatkan promosi dan akhirnya menduduki posisi direktur di perusahaan tersebut.
e.       Lucky Strike Lucky Strike merupakan sebuah merek rokok ternama di dunia yang diproduksi oleh British American Tobacco. Merek rokok ini pertama kali ditampilkan pada tahun 1871.Produk ini dijual dalam kemasan yang direnggangkan, dua rokok lebar, dan sepuluh rokok panjang.Sementara, batang rokoknya sendiri digulung dengan kertas berwarna putih. Merek rokok ini menjadi sponsor utama tim British American Racing dari tahun 1999 hingga 2005 dan Honda F1 pada tahun 2006.
f.        Marlboro Marlboro merupakan perusahaan rokok yang diproduksi oleh Phillip Morris. Didirikan pada tahun 1924.Perusahaan ini merupakan perusahaan rokok terbesar di dunia.Dalam olahraga balap, perusahaan ini mensponsori Ferrari dan Ducati.
g.       Rokok Herbal Istilah Herbal dalam dunia pengobatan memiliki makna yang luas, yaitu segala jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat dipakai sebagai obat (therapeutic). Herbal di kenal juga sebagai tanaman obat yang salah satu, sebagian, atau seluruh bagiannya mengandung zat atau bahan yang berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh.Bagian yang dimaksud bisa daun, batang, akar, umbi, buah atau bunga.Di dalam herbal atau tanaman obat itu terdapat kumpulan zat-zat yang memiliki beberapa efek farmakologi karena komposisi kandungan yang terdapat dalam tanaman obat itu bersifat konstruktif yaitu bersifat membangun organ, sel dan sistem tubuh.

E.     Bahan-Bahan Kimia dalam Rokok
Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok:
  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.
F.      Bahaya Merokok

Ø  15 Macam masalah dampak akibat merokok yang jarang dipublikasikan
Berdasarkan penelitian banyak dampak kesehatan yang diakibatkan oleh rokok.berikut efek samping akibat rokok yang jarang dipublikasikan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.
 1. RAMBUT RONTOK. Rokok memperlemah sistem kekebalan, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti lupus erythematosus yang menyebabkan rambut rontok, sariawan mulut, dan erupsi cutan (bintik merah) diwajah, kulit kepala dan tangan.
 2. KATARAK. Merokok dipercaya dapat memperburuk kondisi mata.Katarak, yaitu memutihnya lensa mata yang menghalangi masuknya cahaya yang dapat menyebabkan kebuataan, 40% terjadi pada perokok. Rokok dapat menyebabkan katarak dengan cara mengiritasi mata dengan terlepasnya zat-zat kimia di paru-paru yang oleh aliran darah dibawa sampai kemata.
3. KULIT KERIPUT. Merokok dapat menyebabkan menuaan dini pada kulit karena rusaknya protein yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit, terkikisnya vitamin A, dan terhambatnya aliran darah.Kulit perokok menjadi kering dan keriput terutama didaerah bibir dan mata.
4. KANKER KULIT. Merokok tidak menyebabkan melonoma, tetapi merokok dapat menyebabkan meningkatkan kemungkinan kematian akibat penyakit tersebut. Ditengarai bahwa perokok berisiko menderita cutaneus squamus cell kanker, sejenis kanker yang meninggalkan bercak pada kulit.
5. HILANGNYA PENDENGARAN. Karena tembakau menyebabkan timbulnya endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat laju aliran darah ke dalam telinga bagian dalam.Perokok dapat kehilangan lebih awal daripada orang yang tidak merokok atau lebih mudah kelihangan pendengaran karena infeksi pendengaran.
6. OSTEOPOROSIS. Ada karbon monoksida, yaitu zat kimia beracun yang banyak terdapat pada gas buang mobil dan asap rokok lebih mudah terikat dalam darah dari oksigen, sehingga kemampuan udara untuk mengangkat oksigen turun 15% pada perokok, akibatnya tulang orang yang merokok kehilangan densitasnya menjadi lebih mudah patah/retak dan penyembuhannya 80% lebih lama.
7. KARIES. Rokok mempengaruhi keseimbangan kimiawi dalam mulut, membentuk plak yang berlebihan, membuat gigi menjadi kuning, dan terjadi karies.
8. EMPHYSEMA. Emphysema yaitu pelebaran dan rusaknya kantung udara oada paru yang menurunkan kapasitas paru-paru untuk menghisap oksigen dan melepaskan CO2.
9. PENYAKIT JANTUNG. Satu diantara 3 kematian di dunia diakibatkan penyakit kardiovaskuler.pemakaian tembakau adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit ini. Rokok menyebabkan denyut jantung lebih cepat, menaikkan risiko hipertensi dan penyumbatan arteri dan akhirnya menyebabkan serangan jantung atau stroke.
10. KANKER. Asap rokok mengandung 40 macam zat karsinogen. Kemungkinan timbulnya kanker paru pada perokok 22 kali lebih besar; lidah, mulut, kelenjer ludah, dan pharynx 6-7 kali lebih besark; kanker kerongkongan 12 kali lebih besar, oesophagus 8-10 kali lebih besar (WHO, 2002).
11. DISKLORI JARI-JARI. Tar yang terdapat pada asap rokok terakumulasi pada jari-jari dan kuku yang meninggalkan warna kuning dan kecoklatan.
12. TUKAK LAMBUNG. Konsumsi tembakau menurunkan resistensi terhadap bakteri yang menyebabkan tukak lambung, juga meminimalisasi kemampuan lambung untuk menetralkan asam lambung setelah makan sehingga akan menggerogoti dinding lambung. Tukak lambung pada perokok lebih sulit disembuhkan.
13. KANKER UTERUS. Merokok dapat meningkatkan risiko kaker servik dan uterus.kanker ini bisa disebabkan oleh nikotin yang ada dalam darah. Mengapa? Karena asap rokok yang masuk ke dalam tubuh akan segera menyebar ke seluruh tubuh. Zat nikotin yang ada dalam asap rokok tersebut akan memicu pertumbuhan sel tidak normal yang kemudian menjadi biang munculnya sel kanker mulut rahim.
14. PSORIASIS. Berkembangnya psosiasis/inflamasi noncotageous pada kulit yang menyisakan bercak merah berair dan gatal 2-3 kali lebih besar terjadi pada perokok.
15. PENYAKIT BEURGER. Penyakit yang juga dikenal dengan throaboanginosis obliteran ini adalah terjadinya inflamasi pada arteri vena dan syaraf utama kaki yang mengakibatkan terhambatnya aliran darah dan bila dibiarkan tanpa perawatan akan mengarah kepada gangren (matinya sel tubuh) sehingga pasien perlu diamputasi.
Ø  Berikut ini organ yang akan rusak akibat merokok :
  1. Organ Jantung : Organ ini merupakan organ yang pertama yang merasakan dampak dari merokok. Ini dikarenakan, jika seseorang menghisap rokok secara terus menerus, maka akan terjadi pengerasan serta penyempitan pada pembuluh darahnya. Sehingga jantung akan bekerja lebih keras dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh. Sehingga serangan jantung atau stroke akan menimpa bagi mereka yang hobi merokok secara tiba-tiba.
  2. Organ Mata : Ini merupakan organ yang juga terkena dampak buruk bagi mereka yang tergolong perokok. Degenerasi makula atau kebutaan secara permanen merupakan salah satu dampak terburuk yang akan menganggu penglihatan seseorang yang hobinya merokok dalam segala aktivitasnya.
  3. Organ Paru-Paru : Ini merupakan salah satu organ yang mengalami kerusakan pada setiap perokok. Penyakit-penyakit yang menimpa organ paru-paru yaitu pneumonia serta bronkitis. Jika anda tidak berhenti merokok dari sekarang, maka kedua penyakit tersebut akan semakin parah dari hari ke hari.
  4. Organ Ginjal : Ini merupakan salah satu organ yang juga mengalami masalah, jika kita menghisap rokok secara terus menerus. Kanker ginjal merupakan dampak paling buruk yang dapat menyerang organ ginjal pada perokok tersebut.
Ø  Selain organ-organ yang tersebut diatas, merokok ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh  seseorang :
a.      Kanker Paru

Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

b.      Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

c.      Kanker Payudara

Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

d.      Kanker Serviks

Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

e.      Kanker Kerongkongan

Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

f.        Kanker Pencernaan

Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

g.      Kanker Ginjal

Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

h.      Kanker Mulut

Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

i.        Kanker Tenggorokan

Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

j.        Serangan Jantung

Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

k.      Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

l.        Aterosklerosis

Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

m.   Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

n.      Impotensi

Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

o.       Gangguan medis lainnya

Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Ø  Bahaya asap rokok bagi ibu hamil, janin dan bayi

Selain bagi perokok pasif yang dalam keadaan normal, asap rokok lebih berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Akibat dari asap rokok tersebut antara lain:

a)      Keguguran pada janin yang dikandung
b)      Kematian janin di dalam kandungan
c)      Pendarahan pada plasenta dan terjadi pembesaran lebih dari 30 persen
d)      Berat badan janin berkurang sekitar 20-30 persen dari normal
e)      Bayi yang lahir prematur dalam keadaan kesehatan yang tidak stabil

     Asap rokok lebih berbahaya lagi jika dihisap oleh bayi, akibatnya adalah:
a.       Mengalami gangguan dan penyakit pernafasan
b.      Terganggunya perkembangan kecerdasan anak, baik motorik maupun kognitif
c.       Terjangkitnya penyakit telinga
d.      Bisa meningkatkan resiko penyakit leukimia sebanyak dua kali lipat
e.       Meningkatkan resiko kanker otak hingga 22 persen
f.        Bayi akan lebih mudah lelah karena oksigen yang tidak terserap sempurna
g.       Sindrom kematian secara mendadak

G.    Jenis-jenis perokok

Berdasarkan jenisnya perokok dibedakan menjadi :
a.       Perokok aktif
Mereka telah terbiasa dan nyata menghisap rokok dan menanggung sendiri akibatnya.
b.      Perokok pasif
Mereka sebenarnya tidak merokok namun  karena ada orang lain yang merokok didekatnya maka ia terpaksa harus ikut menghisap asap rokok dengan segala akibatnya.
Berdasarkan jumlahnya perokok dibagi menjadi :
a.       Perokok ringan.
Perokok yang merokok atau menghabiskan sekitar 1-10 batang rokok per hari.
b.      Perokok sedang.
Perokok yang menghabiskan sekitar 10-20 batang rokok per hari.
c.       Perokok berat.
Perokok yang menghabiskan lebih dari 20 batang rokok per hari.

H.    Cara Berhenti Merokok
Berikut tips dan trik cara berhenti merokok :

1)      Ganti permen nikotin dengan permen karet atau permen mints sehingga menghilangkan aroma rokok pada mulut. Hilangnya rasa rokok pada mulut akan membuat kitamelupakan rokok untuk seterusnya.
2)      Buatlah kegiatan lain untuk mengisi waktu luang. Misal sehabis makan, kita bisa mengunyah permen atau makanan penutup. Saat ngeblog, kita bisa makan kudapan. Saat antre kendaraan, kita bisa browsing atau membaca buku. Tidak mudah memang, tetapi bila dilakukan dengan tekad penuh maka akan mudah untuk  dilakukan.
3)      Berolahraga dan minum cukup air akan membantu kita melupakan rokok. Aktivitas ini akan membuat tubuh kita tambah sehat dan membantu mengeluarkan toksin serta zat beracun lain dari tubuh. Olahraga bisa dilakukan dilingkungan yang banyak orang sehingga kita juga bisa bergaul.
4)      Jauhi material terkait rokok. Jauhi segala macam material (bahan) yang menggugah selera merokok seperti korek api, asbak. Karena jika benda-benda tesebut berada di sekitar, bukan tidak mungkin akan memicu kembali gairah untuk merokok.
5)      Bulatkan tekad
Begitu berencana untuk berhenti merokok, buatlah sebuah harapan dan target dalam sebuah catatan pribadi. Setiap kali merasa menyerah pada godaan, buka kembali catatan pribadi untuk mengingat akan tujuan awal.
6)      Berpikir positif 
Pikiran memegang peranan vital dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita seseorang. Tanamkan selalu dibenak bahwa kita mampu dan bisa untuk melepaskan godaan-godaan merokok.
7)      Meyakinkan diri bahwa berhenti merokok sama sekali tidak sia-sia. Buatlah daftar alasan untuk ingin berhenti, termasuk semua manfaatnya. 
8)      Analisis kebiasaan merokok dengan mencari tahu kapan dan mengapa harus merokok. Mungkin berguna jika mencatat di kertas, kapan dan di mana saja biasanya mengisap setiap batang rokok sepanjang hari. Ini akan membantu melihat sebelumnya situasi yang mungkin menggoda untuk merokok.
9)      Pilihlah sebuah tanggal, dan tandai di kalender. Sebaiknya, pilihlah hari manakala Anda tidak akan terbebani oleh stres lain yang tidak perlu. Sewaktu hari itu tiba, berhenti merokok sama sekali,secara mendadak dan total.
10)  Sebelum tanggal itu tiba, singkirkan asbak, korek api, dan pemantik. Cucilah semua pakaian yang dipunyai yang berbau asap tembakau.
11)  Buatlah daftar teman sekerja, sahabat, dan keluarga yang mendukung serta memberikan dukungan moril terhadap upaya yang sudah dilakukan untuk berhenti merokok. Jangan takut meminta orang lain agar tidak merokok di dekat Anda.
12)  Rencanakan kegiatan untuk tanggal itu. Melakukan kegiatan seperti pergi ke tempat-tempat dilarang merokok, seperti museum atau bioskop. Bisa juga berolahraga,berenang, bersepeda, atau berjalan jauh.
13)  Selama beberapa minggu pertama yang sulit, santaplah makanan rendah kalori, dan minumlah banyak air. Ada yang terbantu dengan makan sayuran mentah sebagai camilan, seperti wortel atau seledri.

14)  Lawanlah penalaran salah yang mungkin menggoda untuk merokok. Beberapa gagasan yang biasa muncul selama periode ini, ’Saya akan merokok hari ini saja, hanya supaya kesulitan ini bisa terlewati.’ ’Saya tidak punya kebiasaan buruk lain kecuali merokok!’ ’Tidak mungkin tembakau sejahat itu; ada perokok berat yang hidup melebihi 90 tahun.’’Biar bagaimanapun, akhirnya saya toh akan mati juga.’’Apa enaknya hidup ini tanpa tembakau?’
15)  Jika sudah hampir menyerah, tundalah. Dengan menunggu sepuluh menit saja, hasrat yang kuat itu dapat padam.Adakalanya, gagasan untuk putus hubungan dengan rokok tampaknya terlalu sulit.Jika sudah merasa demikian, berkonsentrasilah untuk berhenti pada hari ini saja.
16)  Yang tersulit adalah tiga bulan pertama, tetapi bahkan setelah itu harus sebisa mungkin menghindari para perokok dan situasi yang dapat menggoda untuk merokok
17)  Jangan menipu diri dengan berpikir bahwa bisa sewaktu-waktu merokok, sekalipun telah berhenti merokok selama setahun atau lebih.
18)  Lawanlah godaan untuk mengisap ”sebatang saja”. Sebatang saja dapat dengan mudah diikuti sebatang lagi, dan dalam waktu singkat, semua kerja keras untuk berhenti pun sia-sia.Akan tetapi, jika mulai melemah dan ingin mulai merokok, tidak ada alasan untuk mencoba sebatang lagi.Jika kambuh, berhentilah lagi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar