Minggu, 09 Maret 2014

bahaya softlens bagi mata manusia

Bahaya memakai softlens

meskipun saya belum oernah memakai softlens karena takut, tetapi saya sering melihat kakak-kakak saya, teman saya yang memakai softlens ini sebagai pengganti kacamara bagi yang mempunyai cacat mata dan sebagai alat untuk memperindah mata. Meskipun penggunaanya gampang, tetapi bila penggunaannya salah bukan memperindah mata kita, tetapi malah mencelakakan mata kita, Berikut ini adalah rangkuman dari berbagai sumber terkait dengan dampak negatif pemakaian softlens

read more

  1. iritasi dan mata merah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang salah dan terlalu lama memakai softlens.
  2. Hypoxia. Yaitu softlens menjadi tertalu longgar atau ketat saat menempel ke mata. Hal ini karena pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softlens.
  3. Softlens koyak dalam mata. Hal ini karena kita memakai softlens pada saat tidur. Sehingga softlens bergerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata. Dan softlens koyak dalam mata juga dapat terjadi saat softlens mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup.
  4. Infeksi kornea. Hal ini dikarenakan adanya bakteri, jamur, dan virus saat tidak merawat softlens dengan baik.
Cara menggunakan softlens dengan benar
  1. ganti wadah softlens setiap 3 bulan sekali/
  2. Temui dokter/ahli mata untuk mendapatkan lensa yang sesuai dengan kita.
  3. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memakainya.
  4. Jangan menggunakan softlens saat tidur, usahakan melepasnya.
  5. Rutin membersihkan lensa. Caranya usap softlens dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih khusus sebelum di simpan dalam wadah yang berisi cairan khusus.
  6. Simpan di tempat yang lembab dan terlindungi dari cahaya matahari secara langsung.
  7. Selali menggunakan cairan pembersih yang baru untuk setiap kali menyimpan softlens dalam wadah sehabis menggunakan softlens tersebut,
  8. Selalu patuhi jadwal pergantian softlens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar