Jumat, 28 Februari 2014

gerhana matahari merusak mata

Para pakar astronomi mengatakan, GMC adalah peristiwa yang ditandai dengan tertutupnya wajah matahari oleh Bulan, namun karena cakram bulan terlihat lebih kecil dari cakram matahari yang terlihat saat itu, sehingga saat maksimum bentuk matahari menyerupai cincin.

read more
Nah, menurut bahasa astronomi disebut Annular Solar Eclipse. (kutipan dari jogja astro club). Gerhana yang terjadi sekarang tidak jauh beda dengan GMC, dimana matahari dilingkari oleh sebuah lingkaran yang berwarna seperti dilingkari pelangi, sehingga cuaca menjadi mendung.

"Kami baru kali ini melihat gerhana matahari yang dilingkari sebuah lingkaran berwarna pelangi," tutur seorang bidan desa, Sri Devi di Tanah Keras kecamatan Bayang pada sumbarONLINE.com, Kamis (21/10).

Ditambahnya, bahwa fenomena alam ini menurutnya aneh, bahkan selorohnya juga merupakan kekuasaan Allah yang telah memperlihatkan pertanda kiamat sudah dekat.

Lain lagi dengan Deni Lesmana, salah seorang pegawai kantor Bupati Pessel ketika melihat fenomena gerhana matahari ini, matanya merasakan kabur habis melihat gerhana tersebut.

"Ketika saya melihat gerhana matahari siang tadi, mata saya merasakan sebuah sinaran cahaya yang tajam seolah olah masuk ke dalam mata, sehingga habis melihatnya pandangan saya sedikit kabur, lama kelamaan pandangan kembali seperti biasa," terangnya saat melihat fenomena alam tersebut.

Dalam referensinya, pakar mengatakan cara aman melihat gerhana matahari, karena jika melihatnya dengan mata telanjang bisa menimbulkan kebutaan, triknya adalah dengan menggunakan peralatan penapis cahaya atau filter khusus untuk dapat melihat peristiwa

gerhana. Filter ini juga bisa didapatkan di toko toko teleskop dalam bentuk kacamata yang dinamakan "eclipse glasses". Namun juga tidak boleh menatapnya terlalu lama walaupun menggunakan filter tersebut. Karena bahaya radiasi ultraviolet terhadap mata sangat besar mempengaruhinya. - See more at: http://www.sumbaronline.com/berita-806-gerhana-matahari-berpotensi-dapat-merusak-mata.html#sthash.ayWsVP7K.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar